Studi Wisata ke Bali

Hari ini Jumat, 2 Februari 2018. Siswa dan siswi SMPN 5 Yogyakarta kelas VIII yang berjumlah kurang lebih 296 siswa dan 14 pendamping yang terdiri dari guru dan karyawan melaksanakan Studi wisata ke Pulau Dewata. Kegiatan study wisata dilaksanakan selama lima hari yaitu tanggal 2-6 Februari 2018. Tujuan dilaksanakannya studi wisata adalah untuk memperluas ilmu dan wawasan siswa khususnya dibidang pariwisata, sejarah, dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Selain untuk menambah wawasan juga untuk menambah kemandirian dan kerjasama antar siswa. Kegiatan studi wisata ini merupakan realisasi program dari kesiswaaan. Ada beberapa objek wisata yang akan dikunjungi selama di pulau Bali diantaranya yaitu : Danau Bratan di Bedugul dan Pura Ulundanu, Tempat oleh-oleh khas Bali Joger, Hutan Pala Sangeh, Pantai Legian Kuta, Tempat oleh-oleh khas Bali Krisna, Pantai Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), dan Pura Tanah Lot. Selama di Bali rombongan akan menginap di Hotel Quest Mahendradata jalan Mahendra Denpasar Barat.

Pada hari pertama rombongan melakukan perjalanan dari sekolah menuju Pelabuhan Ketapang. Bagi rombongan yang beragama Islam akan melaksanakan Sholat Jumat di RM Kurnia Ngawi.

Hari kedua Sabtu 3 Februari 2018 rombongan transit di RM Kenanga untuk melaksanakan Sholat Subuh, mandi dan sarapan. Setelah itu perjalanan menuju ke danau Brantan, Bedugul dan Pura Ulundanu. Di kawasan Bedugul ini rombongan hingga waktu ishoma. Perjalanan kemudian dilanjutkab menuju Toko Pakaian Joger, Hutan Pala Sangeh, Pantai Legian Kuta, makan malam di Hotel.

Pada hari ketiga Minggu 4 Februari 2018 anak-anak beserta pendamping dibawa ke tempat wisata, yakni Tanjung Benoa dan sekaligus makan siang di Tanjung Benoa. Kemudian rombongan dibawa menuju ke Puja Mandala, kemudian dilanjutkan ke Pantai Pendawa. Selanjutkan perjalanan menuju ke Bali Clasic Center. Setelah itu rombongan akan menikmati Tari Kecak di Daerah Waribang. Setalah makan malam, rombongan kembali ke hotel Quest Mahendradata.

Pada hari keempat Senin 5 Februari 2018 atau hari terakhir di pulau dewata, setelah rombongan sarapan pagi dan check out dari hotel, perjalanan dilanjutkan menuju ke Pura Tanah Lot. Di kawasan Tanah Lot rombongan diberi waktu hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian rombongan menuju Pelabuhan Gilimanuk. Dijadwalkan hari ke lima Selasa 6 Februari 2018 sekitar pukul 09.00 WIB rombongan sudah tiba di sekolah.