Sispera dan Jamanis Raih Medali OPSI Nasional

Dua kelompok finalis nasional Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP dari SMPN 5 Yogyakarta, berhasil membawa pulang medali perak dan perunggu untuk bidang IPA dan Lingkungan. Dalam final yang diselenggarakan di Surabaya, 23-25 Juli 2018, Kelompok penelitian berjudul Sispera (Sisik Ikan Sebagai Penyedap Rasa Alami yang Menyehatkan) karya Almira Salsabila Ghassani Asmara, Salma Anindya, Humayra Sonia Mustagfirin meraih perak. Sedangkan  kelompok penelitian berjudul Jamanis (Kamboja dan Kayu Manis) Spray Alami Multifungsi karya Masterino Wisam Wannawijaya, Aretha Putri, Ihsan Zufar Adyatma meraih perunggu.

Kelompok Sispera

Kelompok Sispera

Atas hasil ini, Ketua Komite SMPN 5 Yogyakata, Arief Misbaghul yang mendampingi tim bertanding ke Surabaya bersyukur karena kedua finalis dari SMPN 5 Yogyakarta mampu membawa medali. 
Hasil di Surabaya merupakan sukses lanjutan dari para siswa SMPN 5 Yogyakarta, setelah sebelumnya dalam lomba OPSI tingkat Kota Yogyakarta, karya penelitian SMPN 5 Yogyakarta ‘memborong’ juara. Prestasi ini diharapkan terus ditingkatkan di masa mendatang.

Kelompok Jamanis

Selain Ketua Komite, para siswa juga didampingi oleh guru Drs. Bambang Puji Raharjo, M.Pd. dan Rizkie Dwi Ardhianto, S.Pd. Ikut juga mendampingi para orang tua murid yang memberikan semangat untuk para siswa meraih sukses. (*)