KEMAH GALANG PAWITIKRA 2019

BUMI PERKEMAHAN CANDI PRAMBANAN

30 APRIL – 2 MEI 2019

 

Salam Pramuka

Kemah Galang Pawitikra kelas 7 berjalan aman,lancar dan sukses. Kemah ini diikuti siswa kelas 7 kurang lebih 325 siswa. Lokasi yang dipilih yaitu di bumi perkemahan Candi Prambanan  sangat mendukung terlaksananya perkemahan ini. Latar belakang candi yang cantik dan banyaknya pepohonan yang rindang membuat peserta dan panitia terutama kakak Dewan Penggalang mendapat kesan tersendiri yang tidak akan pernah dilupakan.

Kegiatan hari pertama peserta mendirikan tenda,  dilanjutkan lomba pionering, Barkas, seleksi CCUP, Poster dan Pidato dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah dan beberapa Guru serta Karyawan SMPN 5 Yogyakarta.  Pada malam harinya peserta  berkesempatan untuk menonton sendratari Ramayana dilanjutkan caraka malam.

Kegiatan hari kedua diawali dengan senam pagi dan beberapa wakil regu mengikuti lomba memasak nasi kucing. Wide game dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB. Dalam kegiatan ini peserta menyelesaikan soal soal yang berhubungan dengan kepramukaan. Pada siang hari peserta mengikuti kegiatan final CCUP dan lomba KIM (Kemampuan Indra Manusia). Dalam lomba ini peserta menebak dengan mencicip serta membau berbagai jenis bumbu dapur yang untuk jaman sekarang ini anak-anak sudah tidak mengenal lagi.

Di hari yang sama dilaksanakan juga kegiatan permainan halang rintang yang membuat peserta senang dan menambah suasana keakraban. Pentas seni dan api unggun dilakukan pada malam harinya. Cuaca yang cerah tanpa hujan sangat mendukung kegiatan api unggun dan pentas seni ini.

Hari ketiga pada upacara penutupan dilakukan penyerahan tropy bagi yang menang. Adapun yang mendapatkan tropy :

  • Regu putra: juara 1 regu laba-Laba (7A) , juara 2 regu Semut (7E),  juara 3 regu Harimau (7B)
  • Regu putri: juara 1 regu Asoka (7G),  juara 2 regu Dahlia (7B), juara 3 regu Kenanga (7G)
  • Juara umum pentas seni pemenangnya adalah kelas 7A

Diharapkan dengan mengikuti  perkemahan ini siswa siswi SMPN 5 Yogyakarta mampu mengembangkan kerjasama tim, meningkatkan daya tahan fisik, meningkatkan kreativitas, meningkatkan akal budi dan meningkatkan kemampuan berinisiatif. Selain itu manfaat penting lain adalah  meningkatkan ketrampilan menyusun strategi berkompetisi, menyusun perencanaan, melatih kepemimpinan, dan melatih kemandirian.

Selamat untuk adik-adik yang menang. Bagi yang tidak menang tidak perlu berkecil hati, karena dengan pengalaman yang didapat dari perkemahan ini menjadikan semua adalah pemenangnya.