Jumat Sehat untuk Warga Sekolah

Jumat akhir bulan menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu para siswa tak terkecuali para guru. Program Jumat Sehat sudah rutin dilaksanakan setiap akhir bulan dan menjadi budaya sehat di SMPN 5 Yogyakarta. Jumat Sehat memiliki dua kegiatan utama, yaitu senam dan jalan sehat. Tentu saja pelaksanaan Jumat Sehat pada pagi hari. Dengan demikian, udara masih segar dan belum begitu panas.

Kegiatan dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB bertempat di lingkungan sekolah SMPN 5 Yogyakarta. Semua warga sekolah antusias dalam melaksanakan jalan sehat dan senam. Sebagian guru dan karyawan mendampingi kegiatan jalan sehat dan sebagin lagi mendampingi kegiatan senam.

Jalan sehat dilakukan oleh siswa kelas VIII dengan mengelilingi lingkungan sekolah. Kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk menjaga fisik siswa tetapi juga lebih mengenalkan lingkungan sekitar dan peka terhadap gejala sosial yang ada dilingkungan sekolah. Jalur yang dilalui adalah jalur-jalur dengan suasana ramai karena letak sekolah berada di pusat kota Yogyakarta. Kegiatan berjalan dengan baik, para siswa gembira dan senang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan didampingi oleh masing-masing wali kelas VIII agar berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Kelas VII dan IX melakukan senam di lapangan basket sekolah. Jumat ini yang bertugas menjadi instruktur adalah kelas IX H dan kelas IX E. Para siswa bersemangat dan terlihat wajah-wajah ceria penuh kegembiraan.

Diharapkan kegiatan ini dapat membantu para siswa dan guru untuk menjaga kondisi tubuh dan mengingatkan akan pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk menjaga kesehatan, jalan sehat juga menjadi cara untuk menyegarkan pikiran dan memperhatikan lingkungan di sekitar SMPN 5 Yogyakarta.