Layanan Drive Thru Pembagian Rapor Ala Pandemi Koronavirus

Pembagian rapor di berbagai tingkatan sekolah di seluruh Indonesia biasanya dipenuhi oleh para siswa dan orang tua siswa, kini di tengah pandemi pembagian rapor dilaksanakan dengan cara berbeda. Jumat lalu, 19 Juni 2020, SMP N 5 Yogyakarta melaksanakan pembagian rapor untuk para siswa kelas 7 dan 8, pembagian rapor dilakukan secara bergiliran per kelas mulai dari pukul 07.00-15.30 WIB. Wali siswa datang untuk mengambil rapor di halaman sekolah kemudian disilahkan untuk segera meninggalkan sekolah setelah rapor diterima. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Pada masing-masing sekolah memiliki skema pembagian rapor yang berbeda di semester ini. Beberapa sekolah merancang dan membagikan rapor melalui website sekolah, aplikasi whatsapps, zoom meetings, ada juga yang membagikan rapor secara langsung melalui tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Bagaimanapun cara membagikan rapor masing-masing sekolah yang terpenting hasil penilaian belajar siswa dapat dilaporkan ke orang tua siswa.

"Pembagian rapor kali ini tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi belum berakhir, ya.. walaupun sekolah memutuskan untuk pembagian rapor secara tatap muka tapi kami tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," ujar Budi Cahyono selaku guru di SMPN 5 Yogyakarta.

Hampir 3 bulan para siswa melakukan pembelajaran daring. Tentunya persiapan yang dilakukan pun tidak seadanya. Para guru berusaha semaksimal mungkin agar materi dan pelajaran yang didapatkan para siswa mampu untuk diserap secara maksimal. Kini suasana pembagian rapor pun dilaksanakan melalui tatap muka secara singkat. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran koronavirus.