Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Era Pandemi Tahun 2021/2022

Senin, 12 Juli 2021 merupakan hari yang istimewa bagi siswa baru di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Karena hari senin tersebut merupakan hari pertama siswa mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. MPLS dilaksanakan Senin, Selasa, Rabu pada tanggal 12, 13, 14 Juli 2021 pada pukul 07.00 sd 11.30 WIB. Pelaksanaan MPLS dilakukan secara daring karena pandemi COVID-19.

kegiatan MPLS dibuka oleh Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta, Ibu Dra. Nuryani Agustina, M.Pd. Beliau memberikan berbagai informasi penting dan motivasi kepada siswa untuk senantiasa berprestasi. Selain itu siswa baru juga mendapatkan materi dari Ibu Sekhah Efiaty, M.Pd selaku Wakasek Bidang kesiswaan terkait tata tertib siswa, Bapak Waldi, S.Pd selaku Wakasek Bidang Kurikum terkait kurikulum dan proses pembelajaran, Ibu Aryani Artha K, M.Pd selaku Wakasek Bidang Sarpra dan Humas materi terkait lingkungan dan fasilitas sekolah, dan berbagai materi lain sebagai bekal siswa untuk belajar di SMP negeri 5 Yogyakarta. 

Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru; membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya; menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. (LS)

Materi MPLS bisa di download di link berikut : 

  1. Materi Tata Tertib
  2. Materi Bahaya COVID 19
  3. Materi MPK OSIS
  4. Materi Pemanfaatan TI
  5. Materi NAPZA
  6. Materi budaya Sekolah