SMP Negeri 5 Sukses Melaksanakan Asemen Nasional Berbasis Komputer

Hari Senin-Selasa, 4-5 Oktober 2021 SMP Negeri 5 melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara luring di Laboratorium Komputer I, Laboratorium Komputer II, dan Laboratorium Komputer III.  

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melihat input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Mutu satuan pendidikan ditentukan berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mencakup asesmen numerasi dan asesmen literasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kegiatan ANBK di SMP Negeri 5 diikuti oleh  50 siswa kelas 8 yang dipilih secara acak oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Indonesia dan seluruh Guru. Siswa mengikuti asesmen numerasi pada hari Senin pada pukul 07.30 – 09.00 dan asesmen literasi pada hari Selasa pada pukul 07.30-09.00. Ketika Bapak ibu guru sudah selesai melakukan KBM, bapak Ibu Guru turut mengikuti Survei Lingkungan Belajar pada pukul 13.00-15.00 dengan mengakses laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id.

kegiatan ANBK dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ketika siswa memasuki lingkungan sekolah wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta melakukan pengecekan suhu tubuh. Jika suhu tubuh siswa melebihi 37 derajat celcius maka tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam Laboratorium Komputer.

Sekolah melakukan upaya secara maksimal terkait hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ANBK seperti kesehatan siswa, panitia pelaksana, sarana prasarana dll sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan maksimal dan lancer. Bapak dan Ibu Guru juga memberikan support terhadap siswa melalui grup WhatsApp dan  menyambut siswa yang mengikuti ANBK di gerbang sekolah supaya lebih bersemangat. Pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 5 dihadiri oleh perwakilan LPMP DIY dan Lembaga Ombusman RI DIY untuk memantau proses pelaksanaan di hari senin dan selasa. Disdikpora Kota Yogyakarta dan Komite Sekolah juga memberikan dukungan dan pendampingan dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan tersebut.