Pawitikra Sukses Laksanakan AGCU Dindikpora Yogyakarta

Pada hari Rabu-Kamis, 10-11 November 2021 Siswa kelas VII SMP Negeri 5 mengikuti assemen Academic General Check Up atau AGCU yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta. kegiatan assemen ini digelar untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar di era pandemi dengan bekerjasama lembaga Eduprime.


AGCU adalah metode untuk mengukur kemampuan belajar siswa dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian semester atau ASPD. AGCU yang dikembangkan oleh Eduprime, mencakup asesmen aspek akademik meliputi penguasaan dan ketuntasan materi pelajaran ASPD serta aspek non akademik berupa kondisi psikologi.

Materi akademik yang akan diukur dalam AGCU adalah materi pelajaran yang menjadi materi ASPD. Sementara untuk materi non akademik adalah meliputi Learning style (Gaya Belajar), Adversity Quotient (Daya Juang), Emotional Quotient (Kecerdasan Emosi), dan Achievement Quotient (Motivasi Berprestasi).

Kegiatan yang diikuti Kelas VII sejumlah 318 Siswa dilaksanakan di 7 laboratorium Komputer SMP Negeri 5 dengan dua sesi yaitu sesi pagi dan siang dengan protokol kesehatan yang ketat. kebijakan tersebut berdampak positif yaitu semua siswa bisa mengerjakan soal dengan nyaman karena menggunakan komputer berlayar lebar dan meminimalisir kendala koneksi internet walaupun ada beberapa siswa mengerjakan AGCU di karena sakit sehingga tidak bisa ke sekolah. Pihak Dindikpora Kota Yogyakarta juga memantau pelaksanaan teknis di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang diwakili oleh bapak Hasyim, M.Acc.

Sasaran AGCU untuk membangun dan mendorong semua pihak terkait yaitu siswa, guru, sekolah, dinas bahkan orangtua untuk lebih fokus terhadap profil kemampuan siswa serta mempersiapkan keberhasilan belajar siswa.